Rabu, 28 November 2012

Pedoman Penyusunan ALGORITMA


- Dasar penyusunan ALGORITMA
Sejauh ini tidak ada standarisasi tentang bagaimana menyusun algoritma. Secara prinsip, anda mempunyai kebebasanuntuk menyusun bentuk suatu algoritma. Anda bias menggunakan kata-kata dalam bahasa manusia, pseukode, atau bahkan diagram alir untuk mewujudkan suatu algoritma.
Adapun hal yang harus diperhatikan  dalam menyusun suatu algoritma. Menurut Knuth (1973) dan juga Horowitz dkk (1999) ada lima cirri penting yang harus dimiliki suatu algoritma, yaitu berupa :
1.       Finiteness. Finites menyatakan bahwa suatu algoritma harus berakhir untuk semua kondisi setelah memproses sejumlah langkah.
2.       Definiteness. Definiteness menyatakan bahwa setiap langkah harus dinyatakan dengan jelas.
3.       Masukan. Setiap algoritma bias tidak memilikimasukan atau mempunyai satu atau beberapa masukan. Masukan merupakan suatu besaran yang diberikan di aawal algoritma diproses.
4.       Keluaran. Setiap algoritma memiliki keluaran entah hanya sebuah atau banyak keluaran. Keluaran merupakan besaran yang mempunyai kaitan atau hubungan dengan masukan.
5.       Efektivitas. Setiap algoritma diharapkan bersikap efektif, dalam arti semua operasi yang dilaksanakan oleh algoritma haruslah sederhana dan dapat dikerjakan dalam waktu yang terbatas.
6.        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar